Ibuku berprofesi sebagai penjahit. I’m always proud to wear my clothes, ’cause she always made them for me. Fit, and specially made for me by my request. Selain karena emang keinginan hati beliau untuk membuatkan baju -kali ya-, ukuran badanku agak ngga lazim untuk bisa beli baju di toko. Tinggi dan kurus. Kalo panjangnya pas, pasti kegedean. Kalo besarnya pas, pasti kependekan.

Pagi ini, waktu lagi nemenin Daud main, ada langganan ibu dateng. Langganan ini mau bikin baju lagi karena baju sebelumnya -yang dibuatkan ibu juga- rusak. Rusak juga salahnya sendiri. Masa bahan sutra direndam deterjen biasa trus dikasi pemutih lalu dikucek?! Dooohhh… Waktu beliau ngadu begitu, ibuku cuma tertegun sejenak, lalu bilang, "Lho, itu kan warnanya emang bukan putih, tapi broken white (ivory alias putih gading, red.)". emoticon Ada-ada aja nih ibu. Oh, jangan-jangan kalian juga ngga tau? emoticon Begini…

Kalau beli baju, bermerk terkenal ataupun ngga, kalo yang bikin itu peduli sama konsumen biasanya di balik tag merk akan ada petunjuk pemeliharaan baju. Boleh dicuci dan dikeringkan pake mesin cuci/ngga, boleh pake pemutih/ngga, boleh disetrika/ngga (kalo boleh, temperaturnya berapa), pencucian sebaiknya pake air bertemperatur berapa, dll. *eh, kalo tag merk ada di luar, ada petunjuknya juga gak ya?*

Emang, kalo bajunya dibikinin -seperti kasus ibu tadi- ngga pake tag petunjuk (baju bikinan butik pake ngga ya? halo, ada yang langganan ke butik? hihi..). Tapi itu ngga berarti dia ngga bisa nanya toh? Dan -seperti default– kalo pelanggan ngga nanya ya ibuku ngga menjelaskan karena dianggap sudah tau. Dalam hal bahan sutra, sebaiknya bahan direndam pake deterjen khusus dan TIDAK dikucek. Pake sabun mandi biasa atau shampoo boleh lah, tapi tetep ngga pake dikucek keras-keras dan PASTI ngga boleh pake pemutih. Oksidator kuat ini akan merusak bahan rapuh macam sutra.

Di antara perkataan yang terdengar dengan jelas olehku adalah, "Bagusan mana sih, silk atau sutra?". emoticon  Now, that’s original! Soooo genuine. Silk itu ya bahasa kromo-nya sutra toh? Aku cuma senyum-senyum geli di kamar sembari diliatin Daud yang bingung liat emaknya tiba-tiba cengar-cengir. Setelah ibu itu pulang, aku tanya ibuku, "Emangnya apa bedanya silk ama sutra?". Ooohhh, kata ibunda, orang awam biasanya bilang silk untuk bahan satin (bekennya satin silk). Sutra ya sutra. Walaaahhhh….

Jawabannya pertanyaan ibu tadi? Ya sutra lah… hihihi… Pemahaman tentang istilah emang beda-beda. Aku aja yang gaul tiap hari ama emak berprofesi penjahit gak punya keahlian dalam hal kain dan menjahit. Tauku cuma model dan motif yang bagus. Hehehe.. Kalo 2 ini, bolehlah aku disandingkan dengan ibunda.

Sutra lah, aku mo belajar lagi. 

Lebih Bagus Silk atau Sutra?

10 thoughts on “Lebih Bagus Silk atau Sutra?

  • February 16, 2006 at 4:09 pm
    Permalink

    Eh, ibuku juga bisa menjahit, tapi nggak bisa jahit pakaian laki2. jadi gak pernah pake hasil buatannya deh..

    lita: ibuku bisa, tapi sering ngga maunya :p

    Reply
  • February 16, 2006 at 4:15 pm
    Permalink

    hi hi..aku juga ga tau soal istilah nama2 bahan. Yang jelas, kadang baju2 produksi indonesia tidak menempelkan tiket tentang pemeliharaan atau cara mencuci baju tsb. – walaupun belinya di Metro. Itulah yang mengherankan. Kalo saya baju2 yang kira2 “delicate”, saya cuci tangan pake sabun khusus (ya spt. Lita bilang, pake shampo juga boleh- nah sabun ini sehalus gel, lembut), direndam sebentar lalu dikucek2 ringan pake tangan, ada juga yg ga boleh diperes, jadi dijemur basah2…
    Biasanya utk. sweater2 dari wool, baju dalam, di mesin cuci ada pilihan khusus utk. baju2 halus tadi. Makanya setiap aku membeli baju, pasti aku lihat di tiketnya, gimana cara cucinya, kalo dry clean, aku ga ambil -walaupun murah , males bawa ke laundry! 😀

    lita: yap, setuju ama Naga! dry clean mahal sih. hihihi…

    Reply
  • February 16, 2006 at 4:54 pm
    Permalink

    silk lah kalo gitu.. hehe.. 😛

    lita: ya.. ya.. walopun bagusan sutra, selera orang boleh beda. favoritku: katun!

    yahya Favoritku : LITA ! ;;)

    lita: eh, jangan di sini dong yang…. *lirik-lirik* kesian yang bujang.. hihihi…

    Reply
  • February 17, 2006 at 9:46 am
    Permalink

    Ibuku dulu juga menjahit di sela-sela kesibukannya ngantor, tapi sekarang dah jarang ngejahit kecuali hanya memperbaiki jahitan-jahitan yang rusak saja….:) dan dulu pun aku belajar menjahit tapi ga selese hehe…

    Reply
  • February 17, 2006 at 6:26 pm
    Permalink

    duh, non lita. maksud aye, cuma ngikutin omongan non di atas.
    “sutra lah, aku mo belajar lagi.” –> “silk lah..” hehe 😛
    tapi kalo bahan baju, tetep katun dong, paling cocok untuk cuaca panas.. 🙂

    lita: haiyaaa… maap pok, lagi lemot hihihi

    Reply
  • February 18, 2006 at 10:02 am
    Permalink

    Ibukku bukan penjahit tapi juga suka menjahit, dulu sering dapet pesenan jahitan dari tetangga2.

    Aku cuma dapat ilmu menjahit pakain bolong thok, gak tahu silk, sutra, chiffon.

    gombal ya gombal saja

    Reply
  • February 18, 2006 at 1:30 pm
    Permalink

    bapak & ibu ku juga suka menjahit, dulu bapak pernah usaha menjahit, rapi buatannya. tapi sekarang alih profesi hehhee.. Yah rata2 begitulah profesi orang padang, kalo gak dagang, yah jualan nasi padang, kalo gak ya penjahit .. hihihi 🙂

    Reply
  • February 18, 2006 at 2:20 pm
    Permalink

    lho..silk ama sutra beda toh?!

    lita: as i said, “orang awam biasanya bilang silk untuk bahan satin” 🙂

    Reply
  • February 21, 2006 at 1:52 am
    Permalink

    Punya bunda yang bisa menjahit itu enak.
    Saya suka pakai baju jahitan bunda sendiri. Bayangkan kalo setiap rajutan itu doa, kemana-mana saya membawa doa bunda.
    Seperti kata Gibran :

    “Apa itu bekerja dengan cinta ? Seperti merajut baju dengan benang yang kau tarik dari jantungmu sendiri untuk kau kenakan kepada orang yang kau kasihi”.

    Tidak peduli sutra atau tidak. Baju-baju seperti ini yang membawa ketentraman batin..

    (sedikit OOT ya, saya hanya ingin berbagi. Maaf)

    lita:Dimaafkan. Kutipannya romantis deh pak. Apakah pak Andry romantis juga? hihihi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.