Kenali Flu dan Selesma

Hidung mampet, demam, batuk, pegal dan linu. Itu gejala flu atau selesma? Bagaimana membedakannya? atau… "Selesma itu apa?" hehehe…

Aku sudah pernah posting tentang flu, singkat sekali memang, dan hanya memberi ‘arah’ ke mana harus mencari. Tapi, sepertinya memang lebih enak diberi tahu daripada baca sendiri ya? Baiklah, aku bagi di sini, dari sumber yang lain.

Jangankan di negara ini di mana banyak istilah yang twisted, di negara maju macam Amrik saja warga mereka masih tidak kompak dalam menerjemahkan flu dan cold. "We call a lot of things "flu" out there", kata seorang dokter. I guess we need more help then.

Ciri khas flu adalah demam tinggi, pegal/linu/sakit pada otot (biasanya punggung dan kaki), lemas atau lelah luar biasa, dan sakit kepala yang sangat mengganggu (note: sakit kepala TIDAK SAMA dengan pusing! ini penting). Demam umumnya datangnya tiba-tiba dan membuat tubuh merasa kedingingan, tak jarang disertai menggigil. Gejala awal flu cukup jelas sehingga si sakit dapat mengatakan kapan penderitaan bermula.

Sedangkan hidung meler, tenggorokan sakit/meradang, kelenjar (di leher) yang membengkak serta demam ‘rendah’ merupakan gejala selesma alias pilek atawa common cold

Dari tadi hanya bicara ‘tampang’. Mari kita berkenalan dengan mas flu dan mbak selesma ini lebih dekat.

Flu adalah infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. Virus influenza terbagi menjadi tipe A, B, dan C.  Tipe A adalah yang paling umum dan dapat menyebabkan epidemi yang paling serius. Tipe B juga dapat menyebabkan epidemi, namun biasanya dengan gejala yang lebih ringan daripada tipe A. Dan tipe C biasanya menimbulkan gejala yang mirip selesma.

Flu dan pilek selesma menular dengan dua cara; menghirup partikel yang mengandung virus (seperti sekresi dari batuk dan bersin), atau menyentuh sekret saluran nafas (sisa ingus misalnya.. eugh) -biasanya pada kulit- seseorang yang sedang sakit. Jika setelah menyentuh sekret tadi kita memegang mata atau hidung (area ‘lemah dan terbuka’), maka bersiaplah untuk tertular dari si penderita.

Pencegahan 

Cara paling mudah dan murah untuk menghindari flu dan pilek selesma adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan. Cuci tangan terutama penting sebelum dan setelah berinteraksi dengan anak-anak (sebab mereka sangat mudah terjangkiti dan menjadi penyebar virus flu) dan penderita flu atau pilek selesma.

Sementara bagi para penderita flu dan pilek selesma, selalu gunakan tisyu untuk menutup mulut dan hidung saat bersin serta untuk membuang ingus (tentu tisyu ini harus segera dibuang ke tempat sampah yang -sebaiknya- tertutup). Hal ini akan mencegah penyebaran virus ke orang lain. Jangan sakit hati jika orang lain bersikap lebih waspada atau agak menjaga jarak saat berinteraksi, bagaimanapun sakit itu tidak enak.

Cara lain untuk mencegah terinfeksi oleh virus flu adalah dengan vaksinasi. Saat ini di Indonesia sudah tersedia vaksin flu. Perlu diingat, vaksinasi ini tidak menjamin seseorang akan terbebas 100% dari flu. Vaksinasi hanya memperkecil kemungkinan terjangkiti dan menurunkan tingkat keberbahayaan flu.

Vaksinasi flu dilakukan setiap tahun dan ‘disesuaikan’ dengan jenis virus yang sedang ‘nge-trend‘. Sayangnya, tidak ada jaminan vaksinasi ini akan bermanfaat optimal di negara ini karena vaksin tersebut bukan diproduksi di sini. Artinya, virus yang beredar di Indonesia bisa saja berbeda galurnya dengan yang terkandung dalam vaksin. Bila ini yang terjadi, tetap saja kita terjangkiti flu.

Berbahayakah? 

Flu bisa jadi berbahaya atau tidak, tergantung dari galur virusnya. Yang populer di dunia saat ini tentu saja H5N1 yang mematikan (walau masih ada kemungkinan sembuh), sementara galur lain yang juga dikenal sejarah karena korban meninggal yang tidak sedikit adalah H2N8 (flu Rusia, 1889-1890), H1N1 (flu Spanyol, 1918-1919), H2N2 (flu Asia, 1957-1958), dan H3N2 (flu Hong Kong, 1968-1969).

Beberapa penyakit memiliki gejala yang mirip dengan flu, misalnya strep throat, campak, dan cacar air. Flu tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik, karena virus bukan mahluk hidup. Virus dapat dibunuh oleh kekebalan tubuh dan obat antiviral. Yang terakhir inipun tidak dijamin dapat menyembuhkan flu, walau harganya tidak murah.

Flu dapat ‘berlanjut’ pada komplikasi, seperti pneumonia (yang menjadi ‘penyebab’ kematian utama para penderita flu) dan sinusitis. Pada saat inilah antibiotik dapat diberikan untuk membunuh bakteri oportunis penyebab pneumonia. MUNGKINhow do I know the truth in their heart?– dengan kekhawatiran inilah beberapa dokter memilih meresepkan antibiotik (tak jarang broad spectrum alias jenis kuat pula) bagi pasiennya yang didiagnosa flu atau pilek selesma.

Bagaimana penanganan yang tepat? 

Demam adalah reaksi dan mekanisme tubuh dalam melawan mahluk penginfeksi. Jadi sebenarnya kita diuntungkan dengan demam. Kalau penderita flu masih bisa ‘menahan’, lebih baik banyak-banyak minum (untuk mencegah dehidrasi akibat demam), tetap makan dan banyak istirahat. Namun jika gejala yang dirasa amat menyiksa (sakit kepala yang sakit sekali :p gimana dong mengartikan terrible headache?), bisa pilih pereda rasa sakit (pain reliever) yang cocok.

Untuk anak kecil, apabila demam meninggi (misalnya mencapai 38C atau lebih) dan dikhawatirkan akan terjadi kejang demam, kompres tubuhnya dengan AIR HANGAT (yep, BUKAN air dingin). Hangatkan lipat-tubuh (seperti ketiak, lipat paha, dan belakang lutut) dan ubun-ubun. Jika anak menolak dikompres, ajak dia berendam di air hangat. Bawa mainan jika perlu.

JANGAN selimuti rapat-rapat penderita demam, ini akan membingungkan pusat kontrol suhu tubuh yang sedang terganggu fungsinya. Anggapan bahwa berkeringat banyak akan menurunkan suhu tubuh tidak selalu berhasil. Kadang justru membuat penderita menggigil dan suhu tubuh semakin tinggi.

Untuk melegakan hidung tersumbat akibat pilek, hiruplah uap air panas tanpa perlu campuran apa-apa. "Apakah ada minuman yang spesifik ‘diwajibkan’? Seperti jus jambu biji misalnya?" TIDAK. Minum apa saja, disarankan yang hangat sehingga memberi rasa nyaman. Minum minuman hangat juga dapat mengencerkan dahak akibat lendir yang ‘jatuh’ ke kerongkongan/tenggorokan sehingga dapat dikeluarkan dengan lebih mudah.

Kalau masih tersiksa?

Sebenarnya terapi uap, kompres, dan minuman hangat sudah cukup (sudah dicoba sendiri kok). Memang hasilnya tidak seketika. Namun jika mendesak, gejala flu dan pilek selesma dapat ‘diatasi’ dengan obat bebas.

Penting untuk diingat, obat tersebut hanya untuk meringankan gejala. TIDAK menyembuhkan flu serta pilek selesma dan hanya boleh dikonsumsi bila tidak menyebabkan efek samping pada anda (perhatikan aturan umumnya). Apabila gejala menjadi terfokus pada tenggorokan, perut atau paru-paru, atau muncul bercak-bercak pada kulit dan muntah, segera konsultasikan ke dokter.

Peringatan tambahan untuk konsumsi obat bebas: perhatikan kandungan aktif pada kemasan dan pastikan obat yang dipilih TIDAK mengandung fenilpropanolamin (PPA, phenylpropanolamine) -biasanya terdapat pada obat pilek. Zat kimia ini diduga berhubungan dengan stroke. Anak-anak dan remaja sebaiknya tidak meminum obat yang mengandung aspirin atau senyawa salisilat lainnya karena dapat meningkatkan resiko sindrom Reye yang sifatnya fatal.

Sumber:

44 Comments

  1. hady

    February 26, 2006 at 11:02 am

    Sudah dua hari ini sy juga lagi kena flu. Awalnya sih gara2 begadang di lab. Gak parah sih, cuman pilek plus badan meriang. Untung minggu ini bisa istirahat cukup.

    Abis baca postingan ini akhirnya ngerti juga kalo flu bisa ditangani dengan tepat. πŸ™‚

    lita:flu atau selesma? jarang sekali flu yang pake pilek πŸ™‚

  2. Hedi

    February 26, 2006 at 4:51 pm

    Saya jadi lebih ngerti soal itu. Berarti sekarang ini, saya sedang terjangkit selesma/pilek. Cuma, tetep, obatnya hanya pisanggggg πŸ˜€

    lita:pisang kalorinya tinggi, jadi baik untuk sumber energi saat melawan penyakit πŸ™‚ semoga cepet sembuh pak

  3. didats

    February 26, 2006 at 8:06 pm

    ini adalah tulisan yang bener-bener bagus!!!

    salut deh sama mba-nya…. πŸ˜‰
    btw, kebetulah aku sekarang lagi kena pilek,
    sudah 2 hari.

    cuma yang susah itu istirahat yang banyak…
    wong kerjaanku banyak, jadinya ya susah untuk istirahat banyak.. πŸ™

  4. hericz

    February 27, 2006 at 8:08 am

    Akhirnya dijelaskan lebih lanjut juga oleh pakar kesehatan kitah..

    *save as*

  5. doeljoni

    February 27, 2006 at 3:33 pm

    nah…sakit ginian bisa berujung pada asma gak ya ?

    lita:asma umumnya karena alergi atau ada bakat turunan, jadi kayanya ngga ada hubungan langsung (sependek yang kutahu sih)
    tambahan: asma atau sesak nafas? (note: asma harus pake ‘mengi’)
    kalau flu, salah satu komplikasinya adalah pneumonia, yang salah satu gejalanya adalah sesak nafas (akibat paru-paru dipenuhi cairan). dan pada kasus flu burung, flu itu sendiri gejalanya ya sesak nafas. CMIIW

  6. luthfie

    February 28, 2006 at 1:16 pm

    Wah, makasih ilmunya mbak. Saya copy untuk bahan bacaan umminya anak2 di rumah boleh kan?

    lita:boleh banget πŸ™‚

  7. doeljoni

    February 28, 2006 at 3:25 pm

    wah.. kalo udah alergi kena bakat turunan lagi …

    emang metode penyembuhannya ada gak ?
    (pasti harusnya olahraga yg memadai scr kontinyu, ya?)

    lita:asma ngga bisa disembuhkan, hanya bisa dihindari penyebabnya. kalau asma karena alergi debu/dingin/makanan tertentu, hindari pencetusnya. asma hanya bisa ditanggulangi ketika muncul gejalanya dengan bronkodilator, lebih baik yang dihirup (inhaled) karena lebih efektif daripada yang ditelan.

  8. BananaTalk - Lita Mariana’s Weblog » Jangan Takut Demam

    March 22, 2006 at 2:50 pm

    […] Demam pada bayi dan anak-anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Demam akibat infeksi virus biasanya disertai gejala lain seperti sariawan, ruam cacar (dan ruam lain yang mudah dikenali), batuk-pilek (selesma/common colds), dan peradangan saluran cerna.Penyakit yang disebabkan oleh virus akan sembuh dengan sendirinya. […]

  9. awaloeddin

    March 23, 2006 at 7:00 pm

    jadi saya selesma ya? bukan flu. jadi ngerti lah saiki! suwun Bu’!

    lita: sami-sami devie.. hati-hati jangan sampe sakit lagi ya.. sayang 370ribu-nya

  10. BananaTalk - Lita Mariana’s Weblog » Kisah di Balik 1000 mg Vitamin C

    March 24, 2006 at 12:30 am

    […] Vitamin C memberikan efek antihistamin. Sedangkan histamin -dalam konsentrasi berbeda-beda- hampir selalu dilepas dalam saluran pernafasan sebagai reaksi serupa-alergi terhadap selesma. Sehingga yang dirasakan oleh penderita selesma (atau flu) adalah perbaikan yang ‘palsu’. […]

  11. kang ~A~

    March 26, 2006 at 11:24 am

    bu…sekaranhg bukan hanya flu aja..tapi asma saya yang kumat :((

  12. BananaTalk - Lita Mariana’s Weblog » Blog Archive » Kisah di Balik 1000 mg Vitamin C

    May 28, 2006 at 12:07 pm

    […] Vitamin C memberikan efek antihistamin. Sedangkan histamin -dalam konsentrasi berbeda-beda- hampir selalu dilepas dalam saluran pernafasan sebagai reaksi serupa-alergi terhadap selesma. Sehingga yang dirasakan oleh penderita selesma (atau flu) adalah perbaikan yang ‘palsu’. […]

  13. BananaTalk - Lita Mariana’s Weblog » Blog Archive » Jangan Takut Demam

    May 28, 2006 at 12:12 pm

    […] Demam pada bayi dan anak-anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Demam akibat infeksi virus biasanya disertai gejala lain seperti sariawan, ruam cacar (dan ruam lain yang mudah dikenali), batuk-pilek (selesma/common colds), dan peradangan saluran cerna. Penyakit yang disebabkan oleh virus akan sembuh dengan sendirinya. […]

  14. republiconion

    June 6, 2006 at 4:36 pm

    Good summary, been searching for my presentation material, it helps and the links are great! πŸ™‚

  15. dhian

    June 11, 2006 at 9:56 pm

    Mbak, mo nanya nih….Temen2 ku tuh berbondong-bondong untuk imunisasi hepatitis B, apakah begitu pentingnya aku harus imunisasi hepatitis
    Trus sebenernya hepatitis B itu penyebabnya apa sih??
    Thanks

  16. Lita

    June 12, 2006 at 8:39 am

    Republicunion
    Thank you.

    Dhian
    1. Vaksin dibuat untuk mengurangi risiko dan fatalitas paparan suatu penyakit.
    2. Dengan demikian, tidak ada vaksinasi yang tidak penting. Yang ada adalah prioritas atau bukan, dan sudah direkomendasikan atau belum.

    Hepatitis B disebabkan oleh virus. Sifatnya kronis, dalam arti sesudah terpapar virus biasanya tidak langsung nampak gejalanya namun virus terus berkembang biak dan perusakan hati berlangsung perlahan-lahan.

    Penularan hepatitis B sangat mudah, mirip sekali dengan penularan HIV. Penderita sangat mungkin tidak sadar dirinya mengidap, sehingga bisa jadi ceroboh dalam berbagi penggunaan alat-alat pribadi (misalnya sikat gigi) dan menulari orang lain, terutama orang-orang terdekat.

    Silakan cari informasi lengkapnya sendiri ya, ini di luar topik bahasan artikel.

  17. putri

    March 15, 2007 at 12:18 pm

    mba.. mba… matrunuwun sanget artikelnya… kebetulan saya sedang ada tugas ttg salesma.. jdi saya terbantu.. ^_^ alamat sumber2nya juga sangat membantu..

  18. bagoes

    September 3, 2007 at 3:40 am

    vitamin C buat penderita flu, perlu nggak?

  19. eVA

    November 21, 2007 at 9:49 am

    Bu.. MApH y. NYElA
    seBAgaI aNAk KedoKteraN *gw maksuD’a.,hehehe NYoMBoNG diKIt*
    Ada HUb Flu SAma ASMA
    Flu JUGA memICu ASMA LOh

    1. Lita

      November 21, 2007 at 10:51 am

      Flu (influenza) atau selesma ya, mbak? Atau sama saja?

  20. ryan

    December 17, 2007 at 10:56 pm

    batuk tidak berdahak, badan sempoyongan seperti orang mabuk, bola mata bila digerakin sakit, tenggorokan perih, demam, reda sakit kepala, telapak kaki dan tangan terasa seperti kesemutan yg jelas wajah pucat… itu demam sejenis apa ya ???
    tolong di informasikan dan apa cara penyembuhannya

  21. Choc-puRpl66

    February 4, 2008 at 7:01 pm

    Aq juga kena gejala seperti flu ney, gara2 habis angakatin jemuran terus bersin2 dey, ampe sekarang, itu jenis nya alergi kalee yaks…menyiksa dey…emang sey minum obat hanya meringankan tapi tidak menyembuhkan. Obat nya pada diri kita sendiri, Bangun sendiri imun dalam tubuh, dengan beristirahat yang cukup, minum air putih yang banyak,positif thingking, iya ga sey….

  22. rachma

    February 8, 2008 at 12:29 pm

    ass.wr.wb
    wah mb mksih bgt, tulisan mb membantu sekali…..

  23. Menyoal Harga dan Suplementasi AA-DHA di Susu Formula Bayi at BananaTalk - Lita Mariana’s Weblog

    March 27, 2008 at 7:04 pm

    […] Bahasan tentang suplementasi pada susu lanjutan? Mohon bersabar, saya masih berusaha berdamai dengan selesma yang melanda […]

  24. sulhan

    June 3, 2008 at 2:55 pm

    mbak saya mau tanya nich, sya saat ini lgi menderita penyakit flu,hampir tiap pagi hari saya selalu bersin2, sdah sjak kecil saya menderita penyakit flu ini, saat ini umur saya sdh 23 thn, ya bisa dibilang penyakit flu sya ini penyakit flu tahunan kali. karena dri kecil smpek segede ini yg nma ya flu gk sembuh2 tiap pagi hri bersin2 trus klo shu badan rendah atau dingin langsung flu, kadang dibuat olah raga sembuh tpi gk berthn lama, obat flu jga udah dicoba semua tpi gk bisa berthan lma, tetep aja klo dingin kambuh lagi. yg ingin saya tanyakan apakah penyakit flu saya ini bisa sembuh total 100% atau paling tidk gimna penyecahannya.???? terima kasih atas jawaban dan sarannya …!!

  25. ZUSIE

    July 22, 2008 at 10:37 am

    kalo flu, minum aja air hangat tiap hari dan istirahat yang cukup, OK…! semoga lekas sembuh….

  26. ima

    September 9, 2008 at 2:30 pm

    mba, aku baru baca ni,
    yg namanya ‘Flu’ doyan bgt mampir di hari2 aku. dari SMP aku bolak/i THT, kya Polip. Apa bedanya Alergi? aku dan sodara ku jg pnya alergi, klo dingin pagi bersin2. panas siang pun bersin2. klo lg fit itu jarang aja, kadang malu diliat org hampir tiap hari bersin, walo kadang gk parah. hehe..
    aku baru 2minggu krj ditempat baru, mungkin klo diliat dr luar aku fit dgn berat badan yg agak lebih, hehehe.
    Normalnya setiap hari istirahat brp jam y mba? dan bagaimana cara menjaga stamina tubuh, apalg kondisi sperti aku? yg setiap hari 12jam diluar (dijln & kerja), 6jam tdr(sabtu-minggu 8jam).
    ada suplemen atau vitamin yg perlu aku minum gk? kalau jeruk, terkadang aku kurang cocok, katanya org darah O tidak cocok byk vit-c? benar tdk?
    hehe.. maaf y panjang bgt.
    terimakasih byk byk mba

  27. Jangan Takut Demam « Anak Sehat Keluarga Bahagia

    September 13, 2008 at 10:34 am

    […] Demam pada bayi dan anak-anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Demam akibat infeksi virus biasanya disertai gejala lain seperti sariawan, ruam cacar (dan ruam lain yang mudah dikenali), batuk-pilek (selesma common colds), dan peradangan saluran cerna. Penyakit yang disebabkan oleh virus akan sembuh dengan sendirinya. […]

  28. Maman

    September 19, 2008 at 4:45 pm

    Saya juga sering bersin2, mudah sekali masuk angin, diusia muda juga begini apalagi sekarang diusia tua 60, kalo sudah kumat ngeselin ga bisa apa apa, harus tiduran terus, hidung meler yg memicu bresin, kalo ke dr yang muda muda cuma dikasih resep dan sembuhnya lama, ada dr tua yang mau nyuntik dan sembuhnya agak cepet, kenapa saya mudah masuk angin? pdahal sy olah raga rutin, apa harus vaksinasi tapi kata teman dr “jangan” ga bilang kenapa jangan, apa ada effect sampingnya ya?

  29. icha

    May 19, 2009 at 1:11 pm

    kalau pilek atau pas selesma gitu apa boleh minum vitamin bwt kekebalan tubuh?

  30. icha

    May 19, 2009 at 1:13 pm

    mba’ bagaimana kalau disertai sariawan di lidah?

  31. amir

    August 21, 2009 at 11:05 am

    aq mau tanya,aq punya penyakit flu,tp aneh bgt. .nafasq bau bgt seperti bau busuk..aq menderita flu sdh 6bulan..sdh aq coba obat2tan,tp hasilnya nihil..bwt yg bc comenq..tolong di tangapinya ^_^

  32. Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    August 25, 2009 at 2:23 am

    Apa sich perbedaan flu dan pilek….??
    masih bingung nech.
    -__-‘

  33. fani

    February 13, 2010 at 10:33 am

    saya ud 1 minggu ini kena salesma ..
    trus waktu 8 tahun yang lalu pas masih kelas 4 SD saya pernah di rawat gara”.y kena pneumonia.
    sampai sekarang kalo kena batuk mpe 100 hari gitu…
    saya harus gimana ya????

  34. imam sudrajat

    March 12, 2010 at 2:00 pm

    saya lagi flu kayanya bu… tapi kenapa batuknya juga berdahak, trus di kasih obat ama dokter telinga saya jadi mendengung, lemes rasanya semua badan

  35. adam

    May 1, 2010 at 2:47 pm

    jdi lbh hati-hati jika kena flu,,jangan sampai yang lain ikut terinveksi, mksih.

  36. christine

    May 30, 2010 at 8:53 am

    thanks buat infonya……..
    ne benar2 penyakit yang jadi langganan buat saya…
    saya benar2 terganggu krn penyakit bandel ini,,,
    mga dgn baca info tadi,,langganan saya cepet kaburrrrrrrrrrr

  37. Rahmat Hidayat

    August 26, 2010 at 11:29 am

    Saya hampir setiap bulan kena flu terus,……cenderung menahun,…..berat badan saya 68 kg, tinggi 168 cm,……sulit sekali naikin berat badan walau makan banyak……, apa ada hubungannya denga FLU ngak ya ?

  38. aan

    September 24, 2010 at 12:44 pm

    wah udah 2 flu
    padahal saya sudah makan pisang
    tapi mash flu juga tapi meriangnya udah hlang gmana ya cranya agar sembuh total?

  39. jeannet

    July 2, 2011 at 8:39 am

    thx infox mbak , klu lendir pd hidung, dan tenggorakan tdk deman sih , tapi nyeri tulang belakang dan sakit kepala yg berkelanjutan itu apa k ?

  40. didi

    August 27, 2011 at 3:39 pm

    Saya hampir setiap bulan kena flu terus,Ò€¦Ò€¦cenderung menahun,dan aku kepengin nambah berat badan tapi kebanyakan turun dari pada naiknya?, apa ada hubungannya denga FLU? Untuk biar tidak bentar bentar gimana ya?

  41. TIAN

    November 28, 2011 at 10:49 am

    Sudah 2 hari ini saya terkena radang tenggorokan dan flu (melerrr truzz) dan badan saya juga terasa sakit2 semua. ..

    Mohon solusinya / OBAT yang bagus untuk sakit yang saya alami,,,
    tQ b4. ..

  42. [BLOCKED BY STBV] BananaTalk » Kala Pilek Melanda

    August 26, 2012 at 10:32 pm

    […] dekongestan (decongestant) dengan ragam bahan aktifnya. Biasanya terdapat di obat selesma (bukan flu, ya, beda). Namun jika masih bisa diatasi dengan yang paling sederhana dan paling rendah risikonya, […]

  43. algira kampung qurban

    September 20, 2017 at 1:27 pm

    Wah jadi tahu saya om, saya pikir selama ini keduanya hal yang sama.

Leave a Reply to imam sudrajat Cancel

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.