Mumet!

Siang hari, berdendang dengan Daud. Mengajarkan koleksi -miskin- lagu masa kecilku.

"Satu-satu aku sayang bunda. *jangan protes! modifikasi sesuai pemakaian kan boleh* Dua-dua juga sayang ayah. Tiga-tiga sayang mas Ibrahim. Satu dua tiga sayang semuanya."

Jangan macem-macem deh! Gua tamparin lu! [main game di komputer]

Aku gagu sejenak. "Anakku, kita harus punya tata bicara yang baik. Hati boleh kesal, tapi kata-kata harus dijaga."

Anjiiiirrr! Mantep banget mobilnya! [sedang main Play Station]

Diam. "Sayangku, walau bahasa kita masih miskin, kita punya banyak pilihan kata yang baik untuk mengungkapkan perasaan."

Jelek lu dasar! Monyet! Tai! [riuh sedang bermain kejar-kejaran]

Panik. "Tutup kuping, anak-anakku!"

Gusti… ada apa dengan dunia??? Inikah gaya bahasa anak yang sebaya dengan usia sekolah di taman kanak-kanak?

Pusing. Mumet.

Bapaaaaakkkk!!! Ambilin mainan! [sambil duduk santai]

Mama! Minta minum! [sambil duduk manyun tak bergerak]

Lho lho… Sekarang trend anak menyuruh orang tua? *sambil mengingat kembali gambaran si sulung 2 tahun yang ikut-ikutan mencuci bajunya sendiri*

Adakah lagu anak-anak yang bagus sekarang ini? Yang bisa menginterupsi suara-suara kasar dari  lingkungan yang ganas ini? Coba simak. 

Cukuplah saja berteman dengankuuuu… Janganlah kau meminta lebiiiih…

"Yang lain deh!"

Bang Toyib… bang Toyib…

"Yang lain lagiiii!"

Januaaari aku… berkenalan denganmu…

Putus asa.

Bagai bintang di surgaaa dan seluruh waaarna…

"Hei, itu kan lagu kesukaan gue!", batinku. Ha? Oh, aku ngga nyetel lagu ginian dalam jangkauan kuping anak-anakku kok. Tapiiii…

Emang sekarang ngga ada lagu anak-anak lagi ya??? Untung aku dan emakku masih inget sedikit lagu jaman aku kecil dulu. Syair sederhana, nada mudah diingat, dan membawa ‘pesan’ yang baik. *e-mail hoax itu jangan dibahas di sini ya! bosen!*

Ternyata saya tidak kalah pusing dengan pak JaF. Urusan lagu ini bukan sepele! Si sulung masih suka lagu Balonku dan Cicak di Dinding walau dengan lafal yang belum fasih. Lagu apa yang akan dia nyanyikan nanti kalau sudah gemar mengoceh?! Dan si bayi ini… addduuuuhhhh…

Pecas ndahe tenan iki!

33 Comments

  1. Dhika

    April 4, 2006 at 7:52 am

    ni situasi di rumah atau warnet (game station) sebelah?!

  2. andriansah

    April 4, 2006 at 8:54 am

    lingkungan memang sangat berpengaruh dalam perkembangan anak

    *sok tau

  3. ghufron

    April 4, 2006 at 9:10 am

    mbak, gondelan wae mbak kalo lagi mumet 🙂

  4. Indra

    April 4, 2006 at 10:27 am

    emang susah dengan lingkuangan skrg .. hati2 mendidik anak … selamat jadi ibu yang baik ya mbak lita…

  5. JaF

    April 4, 2006 at 11:27 am

    hahahaha… Kalau urusan nyanyi sih sebenarnya masih bisa ditahan keselnya. Lha itu lho kalau anakku ikut2an anak-anak kecil di sinetron yang suka sekali memaki.. ! Wallah.. mumet mumet mumet… Gimana nggak mumet kalau ada adegan anak kecil di sinetron yang memaki dengan kata-kata “Gua bakar lu!”

  6. Denny

    April 4, 2006 at 1:31 pm

    waaa..mesti siap2 nih kalau Rama udah masuk fase itu. mesti rajin-rajin nyortir acara tv.
    btw, bagus nih baju barunya.. lbh fresh and teutteepp kuning kek pisang.. selamat yah 😀

  7. Syafrudin

    April 4, 2006 at 5:11 pm

    Masalah yang sama dengan kami. Paling bingung kalau Daud (anak pertama kami, sama nama nih 🙂 sudah mulai bernyanyi dan bercerita dengan boneka tapi “tanpa kosa kata”, “tradisi” yang dimulai ketika kenal lagu Spongebob (meski sudah tidak ditonton lagi).
    Anak kan memang tukang tiru. Karena kami kurang hobi bernyanyi dan bercerita, jadilah Daud belajar bernyanyi dan bercerita dari sumber lain. Jadi ortu memang mesti serba bisa. Masalah bakal lain kalau kami bisa menjadi panutan Daud dalam bernyanyi dan bercerita.
    Seperti dalam urusan game, Alhamdulillah kami berdua hobi main game 🙂 Jadi kami berdua bisa menjadi panutan Daud dan juga Wida (adiknya) dalam bermain TuxRacer, Klotski, Sokoban, DX-Ball, atau Chip’s Challenge / Tile World 🙂

  8. hericz

    April 4, 2006 at 10:34 pm

    ANJRIT, eh, sialan, eh asem, eh bajigur, eh..

    *tutup mulut saja deh*

  9. Lita

    April 4, 2006 at 10:49 pm

    Dhika
    Di rumah! ihiksss…

    Ghufron
    Biasanya kalo lagi mumet saya tidur :mrgreen:

    JaF
    Iya nih pak, kekasaran merasuk ke rumah kebanyakan lewat tivi!

    Syafrudin
    Ngg… saya ngga akan milih PS, X-Box dan sebangsanya untuk menghuni rumah kami. Jadi saya ngga perlu jadi gamer panutan (walau bapaknya anak-anak suka nge-game)

    Hericz
    “Ini buat nutup mulut”
    *nyodorin lap pel ke hericz*

  10. wandira

    April 5, 2006 at 10:08 am

    Itulah Tivi, jadi aneh memang, kata kata kasar bangsa sendiri di tivi malah ndak di sensor, tapi kao f*ck off, b*ll sh*t di film sing kena sensor . ya sama saja.

  11. yanti

    April 5, 2006 at 10:15 am

    ah iya… paling ngeri memang soal kata2 kasar dari TV itu. juga makian ‘anjrit’ khas Bandung ;).

    Naila sekarang lagi seneng plesetan lagu.
    “Bintang hijau.. di langit yang hijau… nanana.. nyenyenye..”

  12. danu

    April 5, 2006 at 1:57 pm

    mumet bangets emangs… ini baru soal nyanyian sama umpatan tetangga sebelah, entar kalo udah makin gede udah mulai bisa baca tambah lagi mumetnya… pernah nanda udah mulai bisa baca minta komiknya detektif conan yg semuanya cerita pembunuhan… skrg udah mulai ikutan baca koran, mo gak mo ibunya jadi badan sensor…

  13. pecas ndahe

    April 5, 2006 at 7:47 pm

    bu lik lita, ini kosa kata anak sulung saya sehari-hari: sial, bego lo, lo jelek bau ketek … bikin pecas ndahe kan? tapi kita bisa apa coba …. 🙁

  14. dini

    April 6, 2006 at 8:07 am

    huhuhu… serem yak…. gitu banget ternyata…
    emang harus ekstra selektif deh kalo jadi ibu jaman sekarang ya…

  15. de

    April 6, 2006 at 10:48 am

    alhamdulillah Rafa gak senang nonton sinetron. kalo mbak nya lagi nonton sinetron, Rafa marah “mbak…jangan nonton gituan. bahasanya tidak baik” hihihi

  16. hikaru

    April 6, 2006 at 7:36 pm

    Anak sekarang memang beda,
    Tuh karena imbas televisi kali yah.
    Makanya, para ortu mesti hati-hati ^_^
    maaf, kok jadi sok tahu gini yah ^_^

  17. Lita

    April 6, 2006 at 10:42 pm

    Wandira
    Iya iya betul. Badan sensor harusnya tidak diskriminasi terhadap bahasa yang digunakan, karena yang penting itu isi pembicaraan.

    Yanti
    Waduh waduh… Inspirasi dari mana tuh, mbak Naila?
    Ada nyenyenye-nya segala… hihihi. Ibrahim diajarin dong!

    Danu
    Meitantei Conan kan memang bukan komik untuk anak-anak pak. Shin-chan juga buat kita-kita orang tua. Terlanjur salah kaprah mewabah bahwa komik dan kartun itu semua targetnya anak-anak.

    Pecas ndahe
    Pecas-kan saja tivinya, biar ramai! Huehehe…
    Pastinya, akan ada aturan “Dilarang Berbicara Kasar” di rumah.

    De
    Mas Rafa, bahasa yang tidak baik itu tidak hanya ada di sinetron. Makanya minta bunda supaya mengajari mana yang baik mana yang tidak untuk dikatakan, ya?
    *lho ngasi PR ke mbak De* hihihi

  18. ~A~

    April 7, 2006 at 9:02 am

    bu..ntar kalo udah nemu lagu yang okey..bilang saya yah
    ntar khan kalo udah punya anak saya bisa ngasih tahu istri lagu yang oke buat anak saya 😀
    btw…makasih yah udah ngucapin selamat milad buat saya 🙂

  19. Aji

    April 7, 2006 at 10:31 am

    Anak adalah tiruan dari lingkungannya.
    Selama televisi masih bebas merdeka menayangkan acara seeenak perutnya, yang jadi korban adalah anak-anak kita

  20. Aswad

    April 7, 2006 at 2:54 pm

    Btw, Daud itu udah sekolah blm ya?
    Selain tipi, pergaulan di sekolah juga ngaruh loh…

  21. Lita

    April 8, 2006 at 8:18 pm

    Aswad
    Ibrahim baru 2 tahun 2 bulan. Daud 5 bulan. Jadi belum ada yang bersekolah :mrgreen:

    Yang berperilaku seperti yang kuceritakan itu adikku, si bungsu 5 tahun. Pastinya bukan diajarkan di sekolah.

  22. aRdho

    April 11, 2006 at 12:29 am

    adek saya 12 taun udah ikutan Friendster…

    DOH!!

    ngakunya 19 taun!! =((

  23. linda

    April 11, 2006 at 8:17 am

    alhamdulillah 5 ponakan linda masih seneng lagu anak2. tp ponakan yg pertama (SMP) dan yg ke-2 (SD kelas 3) lebih suka peterpan & raja. dan alhamdulillah bahasa mereka gak kasar karna kita selalu mengingatkan utk bicara yg baik.

    btw salam kenal mbak Lita, makasih dah mampir. boleh di link kan???

  24. Lita

    April 11, 2006 at 9:07 pm

    aRdho
    DOH!-nya itu karena bo’ongnya ato karena umurnya disamain ama kakaknya? hehehe…

    Linda
    Sebenernya si penghuni cilik ini ya udah diingetin. Malah dulu lebih rajin dia yang mengingatkan kita-kita yang gede.
    Setelah rajin main PS dan gaul ama anak-anak SD yang lebih gede, jadi gitu deh bahasanya.

    Boleh di-link kok. Makasih yaaaa

  25. mysyam

    April 13, 2006 at 2:05 pm

    TV !!
    cukup punya andil besar dalam kasus seperti yang mba lita uraikan diatas. itu pendapat saya. so.. turn off u’r TV right now. mending buka detik.com aja kali yah 😀 hehe.. :p

  26. Unung

    April 18, 2006 at 5:40 pm

    Iya iya… soal lagu ini emang menarik, saya dan istri sampai berlomba selalu mengubah lirik lagu yang sesuai dengan sianak. Nasyid-nasyid yang ada kami ubah juga. Kami berdua bener-bener bersaing agar kata dan nada tepat dan enak didengar, meski kami tahu mungkin Raka belum ngerti, apalagi baru 15 minggu usianya.

    Mulai lagu …


    “Aku bocah cilik bu.. agamaku Islam”
    “Pengeran-Ku siji bu… gusti Allah ta’ala”
    “Saben dino aku bu… sholat lima Waktu”
    “Isya Subuh Luhur bu Asar lan Magrib”…

    Balonku ada lima-pun jadi sasaran perubahan 🙂

    “Rukun Islam ada lima…”
    dst…

    Lagu Hari Minggu, Lir Ilir, Sholawatan terus kami lantunkan untuk menambah kosakata bersama 🙂

  27. eva

    April 26, 2006 at 3:37 pm

    cobain ke sini deh http://www.geocities.com/SoHo/1823/anak/
    lumayan lengkap lagu anak2 jadul
    ada liriknya bantu bgt deh

    o iya salam kenalan dulu
    saya temennya anita-dodi arc

  28. Lita

    April 27, 2006 at 10:28 am

    Dini
    Iya nih mbak, tantangan berubah sesuai jaman :mrgreen:

    ~A~
    Tuh, udah dijawab sama mbak Eva, Ndres.

    Aji
    TV memang salah dengan tidak mengendalikan jam tayang supaya sesuai penonton potensialnya. Tapi orangtua wajib pegang kendali 🙂

    Mysyam
    Saya pilih tengah-tengah aja deh: TV boleh disetel, tapi acaranya orangtua yang milih :mrgreen:
    Detik.com? Waduh… iklan di mana-mana, kata-kata yang digunakan juga cukup vulgar. Ogah ah

    Unung
    Mmm, good idea.

    Eva
    Makasih buat infonya mbak Eva. Makasih juga udah mampir ke sini.
    Berarti mbak mungkin kenal suami saya (yang anggota ARC juga) dong ya?

  29. rania

    May 16, 2006 at 12:04 pm

    lagi bingung ya? rania juga, lagi nyari lagu yang pas buat rania.
    ups, sorry, salam kenal dulu yah!

  30. paling_indah

    May 19, 2006 at 11:55 am

    makasih mbak Eva atas info lagu anak2’y.. kini ayah’y Rafi bisa dengar lagu anak2 kesenangan’y… 🙂

  31. BananaTalk - Lita Mariana’s Weblog » Blog Archive » Hari Tanpa TV

    July 18, 2006 at 10:10 am

    […] Untuk banyak hal, televisi memang menimbulkan mumet bagi orangtua (baca: saya). Ajakan ini tentu bisa disikapi secara bijak dengan melihat esensinya dan tidak hanya ditujukan pada anak-anak usia sekolah dasar saja. […]

  32. Global Voices Online之中文版 » Blog Archive » 印度尼西亚:一天不看电视

    July 29, 2006 at 1:23 am

    […] Lita Mariana全力支持这种行动, 作为几个孩子的母亲,Lita对许多电视节目对她孩子将来的行为方式可能造成的影响非常担心. […]

  33. MacArthur Series reBlog » Indonesia: One Day without TV

    August 7, 2006 at 9:10 am

    […] Lita Mariana fully supports such campaign. As a mother of a couple of kids, she is very concerned with many tv programs that she thinks could pose a threat to the way the kids will behave in the future. […]

Leave a Reply to paling_indah Cancel

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.