Gathering Wikimu

Tadi malam (10 Januari 2007 jam 6 sore) adalah kali kedua saya menghadiri jumpa darat komunitas online. Kali ini dengan anggota Wikimu, sedangkan pertama adalah dengan Merdeka.

Yang di Omah Sendok kemarenan itu tidak saya masukkan hitungan, karena lebih mirip organisasi tanpa bentuk hihihi… Jangan marah dulu, pakde, lha wong pertemanan ndak pakai organisasi tho? Lagipula sampeyan itu ngundang dengan semena-mena. Jam 5 sore bilang saya wajib datang jam 6, padahal saya baru sampai dari commuting seharian mengurusi pekerjaan saya di CIL lalu je…

Kembali ke masalah. Saat saya datang, tidak ada wajah yang saya kenal. Untungnya mas Bayu -sang admin Wikimu- duluan menyapa saya. Setelah mas Bayu, yang menyapa saya kemudian adalah pak Adrianto Gani, empunya Wikimu. Maaf ya, pak, waktu lihat namanya saya tidak langsung 'klik' hehehe…

Pak Adrianto datang dengan kaki digips akibat kecelakaan 'atlit' (ngakunya begitu, padahal karena posisi 'apes' saat memungut bola shuttle cock). Lainnya yang datang adalah para penjaga Wikimu, dari yang mengurusi promosi sampai coding, serta dari Intimedia, yang digagahi eh… -ya itu deh maksudnya- juga oleh pak Adrianto. Mbak Melani, mas Danang, mas Deni, dan kawan-kawan.

Om Wicak, satu-satunya yang saya kenal sebelum acara gathering ini, malah baru datang jam 8. Saya kirim pesan, dijawabnya masih di perjalanan karena macet. Ngga papa, saya sudah langsung merasa nyaman dengan teman-teman baru, kok.

Si om ini kemudian malah dengan baik hatinya mempromosikan bananaTALK, yang padahal saya sendiri sungkan. Lha wong lagi kumpul Wikimu kok saya mau ngoceh soal blog saya tho.

Dengan sadis pula si om memuji-muji tulisan saya, sampai saya cuma bisa mesem sambil ngeliatin motif karpet. Isin aku! Suer! Sampai-sampai saya lupa -dan jengah- kalau tuan Andry titip promosi soal Merdeka dan menebar gosip bahwa sebentar lagi Merdeka Open Submission ronde 4 akan digelar. Hayo… yang mau daftar siap-siap! (nah, di sini saja ya tebar gosipnya)

Terimakasih promosi hebatnya lho, pakde. Saya sampai ngeri membayangkan upeti yang akan ditagih :p (eh, ngga usah pake upeti ya? ya? ya? hehehe)

Kembali lagi ke Wikimu. Ke depannya, Wikimu ingin mengukuhkan diri sebagai komunitas jurnalisme-warga, yang mengandalkan warga sebagai sumber informasi tanpa pembatasan oleh kode etik jurnalisme.

Artikel Ketika Warga Menjadi Wartawan menyoroti bahwa jurnalisme-warga memiliki kelemahan yang besar: akurasi berita dan ketidakpatuhan pada kode etik jurnalisme. Dalam hal ini, justru Wikimu ingin pembaca mendapatkan berita dari sisi yang lain, yang tidak dapat diangkat oleh media jurnalisme resmi akibat batasan hukum yang berlaku.

Berita apa saja dapat disampaikan oleh siapa saja, dengan mengandalkan pembaca sebagai alat kontrol. Pembaca dapat menyanggah, menyalahkan, dan memberi informasi yang benar (sebagai 'ganti' artikel yang dimuat). Sedangkan tentang moderasi yang diberlakukan, itu untuk menghindari vandalisme terhadap Wikimu dan memberi kesempatan pada administrator untuk mengecek berita (membenahi format, memperbaiki judul, dan sebagainya).

Di gathering ini saya beruntung menjadi salah satu kontributor favorit edisi Desember 2006. Asalnya memang keberuntungan, karena begitu waktunya sobek kalender, saya langsung terdepak dari daftar 5 favorit itu 😀 Suvenirnya? Jamu dari sponsor hehehe… Bentuknya ya modern gitu, kapsul, tablet larut air, dan serbuk.

Mbak Melani sempat membisiki saya, "Tertarik ngga dengan hadiah bulan (Januari) ini?". Saya mesem-mesem. "Boleh mesen khusus jadi wireless Mighty Mouse, ngga?", tanya saya sambil tetap nyengir. "Kayanya ngga tuh", jawabnya sambil ketawa. Yah, ngga jadi pengen, deh.

Maap, bukannya sok. Tapi saya pakai Macintosh, jadi walau mouse-nya (yang ditawarkan jadi hadiah kontributor favorit no. 1) pakai port USB, klik kanan tetap tidak terpakai. Bikin kagok ajah.

Oh, ternyata Willy yang seharusnya mendapat buku The World is Flat tidak bisa datang. Saya ganti membisiki mbak Melani. "Mbak, bukunya ngga boleh dikudeta, ya?". Si mbak ketawa dulu, "Wah ngga boleh!". Yah… ngga jadi ngembat, deh :mrgreen:

Kabarnya, bulan depan Wikimu akan menggelar seminar sekaligus launching resmi. Semoga misi Wikimu dapat tercapai sesuai yang dicita-citakan. Semangat terus, rekan-rekan! Jangan sungkan berbagi.

11 Comments

  1. bebek

    January 11, 2007 at 2:21 pm

    sebutkan bagian tubuh yang anda sukai?? hehehehe…. kemasan acara semalem itu emang lucu… dan menarik 😀
    kalo yang di mbogor hari sabtu dulu gimana mbak?? apa kemasannya seperti kemarin ato lebih ke kenarsisan para blogger?? (kalo diliat dari peserta bogor, boleh dong saya ngomong usia bukan hambatan kenarsisan :p )

  2. cahyo

    January 11, 2007 at 3:42 pm

    huhuhu..pengen dateng, cuma karena isteri gak mau ditinggal karena lagi hamil tua, jadi di rumah aja. thanks mbak lita sharing ceritanya. kapan-kapan boleh gabung kan kopdar seperti ginian?

  3. Lita

    January 11, 2007 at 9:06 pm

    Bebek
    Oalah, mas Wawan ternyata Bebek toh :p Maap, saya biasa mematikan gambar sih hehehe…

    Bogor? Sabtu? Wah ndak tahu tuh, mas. Tidak merasa terundang pula hehe 😀

    Cahyo
    Jangan sedih dong, mas. Saya juga dulu sempet nangis bombay waktu ditinggal suami melanglang ke Jawa Timur pas lagi hamil tua. Stres berat :p

    Boleh saja bergabung. Asal jangan lupa konfirmasi ke pihak yang mengundang 🙂

  4. Herman Saksono

    January 11, 2007 at 9:06 pm

    Terima kasih untuk laporan kateringnya.

    Wikimu konsepnya menarik sekali ya. 🙂 Pengen ikutan (katering dan kontributor Wikimu). Tapi kayaknya nggak mampu deh (jadi kontributor) dan kejauhan (kl mo ikut katering). Hehehehe.

  5. ndoro kakung

    January 11, 2007 at 11:26 pm

    lah sampean memang layak dipuji, dengan harapan saya gantian dipuji … wekekekek … 😀

  6. fulan

    January 12, 2007 at 2:02 am

    Saya koq belum mudeng to …
    Kesan saya (saat sambang wikimu), powernya pembaca ngontrol pembaca.
    Kalo informasi berbagai topik tersebut menyangkut referensi, wasitnya siapa ?
    Sudah saya pelototi ga nemu keterangan lebih lanjut.
    Atau mungkin dibuat begitu ya, supaya kristalisasi berjalan alami … atau pembaca bebas menentukan pilihannya sendiri, sedang wikimu sebagai penyaji …
    Salut untuk wikimu … 😀
    *nunggu sesajen launching*

  7. Paman Tyo

    January 12, 2007 at 8:52 am

    Ibu satu ini hebat. Selalu bisa gathering. 🙂
    BTW, siapa sih sebetulya Ndoro Kakung itu? Saya pengin ndaftar jadi batur, siapa tahu gajinya oke. Sampaikan salam saya ya.

    Eh ya, piye kabare Daud?

  8. Lita

    January 12, 2007 at 9:51 am

    Momon
    Lho, Mon, postingmu yang kategori ‘factoid’ itu kan menarik untuk dibagikan ke yang lain toh. Ngga papa lho masukin tulisan dari blog. I do :mrgreen:

    Ndoro kakung
    Walah kelewat… maap om. Wah sajennya mesti dobel nih ya 😀
    Ah sampeyan itu ngga dipuji juga sudah ngacir jadi keren dengan sendirinya, kok. Sudah punya acara sendiri toh? Yang pake laptop itu? Wekekekek…
    *ngumpet takut ditimpuk sendal*

    Fulan
    Saya kutipkan dari Wikimu:

    Wikimu.com adalah portal informasi komunitas independen dengan konsep partisipatif. Wikimu.com bukanlah situs berita, walaupun berisi aneka ragam informasi.
    Siapa saja bisa mendapatkan dan mengirimkan informasi, termasuk menambahkan, melengkapi, atau menyanggah informasi yang sudah ada. Anda juga bisa menyampaikan kutipan informasi dari sumber berita yang Anda baca, dengar, tonton dari media-media umum seperti koran, majalah, radio, dan televisi dengan menyebutkan sumbernya. Anda bisa menambahkan komentar terhadap berita dari media-media umum.

    Ya itu, seperti bapak bilang. Pembaca yang punya kendali 🙂

    Paman Tyo
    Weleh weleh… Karena baru sedikit-kali diajak, ya diusahakan datang. Nyatanya, pertemuan dengan beberapa ndoro sering sekali kandas 🙁

    “Ndoro kakung, dipanggil paman!” Ngakunya sih gajinya ndak seberapa, dan ngga jadi merekrut saya karena saya kemahalan. Huh, gosip! 😀

    Alhamdulillah sae. Sehat semua, orangtua dan para mbahnya juga seger-seger hihihi… (lah wong lemaknya dibakar dalam rangka mengejar cucu yang sudah pada pintar ucul ke jalanan je…)

  9. fulan

    January 12, 2007 at 1:43 pm

    walah, … baru mudeng
    Seperti bundel majalah interaktif publik (maaf, ini istilah ngasal).
    Yang penting bisa ikutan baca, gak bayar … 🙂

  10. cahyo

    January 13, 2007 at 10:35 am

    @ fulan & mbak lita
    konsepnya mungkin seperti ohmynews.com?

  11. Lita

    January 13, 2007 at 10:45 am

    Fulan
    Ya deh hehehe…

    Cahyo
    Merujuk ke posting sebelumnya, sepertinya demikian.

Leave a Reply to cahyo Cancel

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.