Berguru Kembali

Baru saja bersiap menarik napas lega karena ini hari terakhir mengajar dalam pekan ini. Sebelum pulang, tiba-tiba… "Bu Lita tolong gantikan saya mengajar ya, karena saya ada tugas mendampingi murid-murid ikut Student Camp".

Lemas lagi kaki ini. Bahu yang tadinya naik karena senang bersiap 'main' sepanjang akhir pekan, melorot lagi. Whew. Apa boleh buat, harus mengubah rencana ajar (yang baru mulai dibikin!) dan… minta maaf lagi pada para lelaki ganteng di rumah.

Maafkan bunda ya, yah, nak. Rupanya bunda belum boleh menurunkan 'ritme' lunjak-lunjak, malah harus tiba di depan lebih dulu. Benar-benar tantangan untuk bunda. Memulai dari nol, belajar mandiri (karena tak diajari), dan langsung berlari.

Segala sesuatunya memang benar-benar baru (halah, bukannya baru nyadar, sih). Tak hanya tata letak yang tak lagi bunda kenali bekasnya (9 tahun mengubah segalanya hehehe…), tapi juga aturan, sistem, suasana, tuntutan, dan teman-teman yang baru.

9 tahun saya menanti 'hanya' untuk bisa makan siang bersama di ruangan yang sama dengan guru yang dulu mengajar saya hihihi… Rasanya sedikit berbeda; tetap menghormati, namun kini bisa disambi dengan diskusi dan canda yang beraura 'teman'.

Tak lagi 'muridku', walau saya tetaplah 'anak' mereka sampai kapanpun, dan saya tetap suka disapa 'anakku'. Saya cinta kalian, guru-guruku. Izinkan saya mengantri bergiliran mengabdi, kali ini. Saya masih harus baaaaanyak sekali belajar. Izinkan saya berguru kembali.

Selamat datang pengalaman 🙂 Doakan saya bisa menjadi guru sekaligus ibu rumah tangga yang baik. 

26 Comments

  1. Imponk

    November 15, 2007 at 5:34 am

    sharing suasana mengajar, dong!

  2. fisto

    November 15, 2007 at 7:18 am

    selamat pagi bu guru!!!…

  3. Luthfi

    November 15, 2007 at 10:59 am

    hmmmm
    aku tau repotnya karena bu Lita masih punya anak kecil ..
    hehhehehe … ibuku skrg dah agak santai .. anak2nya dah pada pergi smuaH
    jd kerjaannya tinggal ngajar doank … klo di rumah relatif santai 😛

  4. dianti

    November 15, 2007 at 1:35 pm

    terharu baca 2 paragraf t’akhir..salut deh sama mba Lita^__^..smoga sukses & lancar selalu ya:)
    gimana mba suasana sekolah skarang?
    guru2 kimianya masih banyak yg sama ga sama 7-9 taun yang lalu?:)
    *aku alumni 2000 dr skolah yg sama,harusnya kita pernah ketemu ya:D*

  5. rini

    November 15, 2007 at 3:59 pm

    mbak lita, aku juga alumni smandel lho.aku lulus taon 99, mbaklita kpn?

    smandel berubah? iya nih mbak, skul kita tercinta dah beda bgt.moga2 tetap dan tambah baik ,tidak hanya di’penampakan’ juga di ‘dalamnya’ ya 🙂

    btw mie yamin masih ada ga di kantin? kangen bgt nih ma mknn ini.
    selamat mengajar bu guru 🙂

    1. Lita

      November 15, 2007 at 5:00 pm

      Aku angkatan 98. Coba buka halaman about, ada fotoku di sana.
      Kalau memang kamu Rini yang kukenal, ketemu lagi deh kita secara digital hehehe…

  6. super_kecil

    November 16, 2007 at 8:28 am

    wah, cenangnyah jadi guru…
    ganBatTe ya bu!!

    jadi guru tu enak… ilmunya slalu nambah… ga pernah b’kurang

  7. iway

    November 16, 2007 at 5:26 pm

    tahniah mbak, ngomong-omong ngambil peran guru killer ato guru yang baik dan tidak sombong, suka menabung ….. ?

  8. kenji

    November 17, 2007 at 2:41 am

    wuih, jadi guru juga akhirnya 😀
    murid2 sekarang bener makin pandai2 lit?

  9. enny

    November 17, 2007 at 9:11 am

    Saya yakin Lita akan menjadi guru yang baik, saya dulu paling senang diajar guru Kimia, orangnya lucu, kalau kita berbuat salah beliau cuma tersenyum sambil geleng-geleng…bikin kita malu hati.

    Entahlah, materi pelajaran yang nyantol diotakku, kayaknya tergantung dari gurunya juga, kalau saya senang dengan bapak/ibu guru, pasti nilaiku baik (konyol ya…tapi itu kenyataan)

    Cerita dong bagaimana murid2nya, kenakalannya (mungkin nanti kalau iramanya udah bisa disesauikan ya…)

  10. enny

    November 17, 2007 at 9:13 am

    Saya yakin Lita akan jadi guru yang baik, bisa menumbuhkan semangat siswa untuk menyenangi mata pelajaran, dan bisa jadi tempat berkonsultasi jika ada siswa yang mendapat kesulitan.

    Ditunggu cerita selanjutnya

  11. yaya

    November 17, 2007 at 10:16 am

    Mbak Lita…
    ngajar itu emang fun ya mbak, biarpun kadang2 capek hati, hehehe…

    Yaya tp sekarang gak ngajar lg mbak…abis lbh seneng nulis sihh 🙂

  12. eep

    November 17, 2007 at 11:49 am

    selamat selamat..,
    mengajar itu fun seperti yang dibilang Yaya.. apalagi kalau murid2nya pinter pinter semua.. fun banget deh ngajar..
    tinggal tunjuk sana tunjuk sini, tanya sana tanya sini dan diskusi..
    whehehhe

  13. kopitozie

    November 18, 2007 at 11:36 pm

    Bu guru masih melek nih malem-malem … seandainya semua guru se -smart anda …. di garut gak ada Guru yang kayak Ibu… Pindah donk kesini he he he … mana mau ya ???

  14. mila

    November 20, 2007 at 10:43 am

    mau dong jadi muridnya mbak lita.. hehe…

  15. Lita

    November 21, 2007 at 11:49 am

    Terimakasih semuanyaaaaa… Doakan saya ya.

    Super kecil, Iya nambah terus, asal ditambah 🙂
    Iway, Mas, saya guru kimia lho, bukan pembina Pramuka *kalem*
    Kenji, Pinter, Kenj. Setidaknya yang aku ajar hehehe…
    Bu Enny, Terimakasih, bu 🙂 Saya tetap ingat pesen ibu deh pokoknya. Cerita kenakalan? Harus pakai sensor, bu. Soalnya dibaca murid juga nih hehehe…
    Yaya, Capek hati ada juga, mbak. Tapi ada kepuasan ketika penjelasanku ditanggapi dengan “Ooh, jadi begitu, ya”. Gimanaaaa gitu hehehe… *yaa, dengan tulisan juga bisa begini, sih*
    Eep, Waks ya gak ‘tinggal’, mas. Daku kan harus belajar dulu, browsing sana-sini, blusukan masuk jurnal hehe… Penguasaan kelas juga diriku masih jauh dari luwes. Ah pokona mah beginner pisan.
    Tozie, nasib suami dan anak-anakku gimana dong? 😀
    Mbak Mila, sini masuk kelas. Bantuin ngajarin hehe…

  16. tresty

    November 21, 2007 at 1:25 pm

    Lita..sekarang tiap hari “nongkrong” di lapan ya..
    tahun 2007 ini, sekolah udah “kemasukan” air ciliwung blum?…
    Bu Lita, selamat mengajar bersama ibu2 guru kimia (bu Astri, bu Ery dkk),
    klo ngajar masih suka ktemu asyifa (eh bener ga nulisnya) 😉

  17. hanny

    November 21, 2007 at 2:07 pm

    hah? bu guru ikut pesta blogger? dateng ke sana? apa? jadi panitia??? wah kerennn hehehehehe

    *iya adik-adik, guru kalian keren sekali hihihi so sweet*

    🙂

  18. Biho

    November 22, 2007 at 12:03 pm

    Saya selalu cinta kepada guru saya dan semua guru.

  19. Didit Prasetyo B

    November 28, 2007 at 3:25 pm

    yah namanya juga resiko kerja. istri saya juga seperti itu, kadang harus jaga rumah sakit karena gantiin temennya yang “kebetulan” ga bisa masuk jaga.resiko seorang dokter di rumah sakit umum daerah. dan…. saya pun juga begitu kadang harus berlama2 di rig karena gantiin temen yang ga bisa dateng di waktu shifnya. ayooo semanagat….demi nusa bangsa dan keluarga.

  20. arie

    November 29, 2007 at 2:19 pm

    kok gak ada tampilan Banana nya lagii.. kenapa jadi Pinky purple girly? apa karena sudah menjadi ibu guru.. heheheheheheh

  21. Submission Merdeka.Or.Id : My 0fficiaL WebLoG

    January 10, 2008 at 9:04 pm

    […] Submission merdeka yang ke-4, terus ada report pelamarnya di SINI, ternyata belum ada hasilnya sampai sekarang. Apakah punggawa-punggawa merdeka alias panitianya pada sibuk, karena jadi guru atau karena puyeng dapet THR 30 juta? Biarlah waktu yang akan menjawab . Related PostsNo related posts […]

  22. dodolijo

    January 12, 2008 at 7:27 am

    pagi bu gru..
    bu guru saya mau tanya..?
    # kenapa kepandaian murit sama kepandaian Guru yang mengajar, lama2 malah pandai murit?
    # guru itu banyak yang monoton cara mengajarnya?

  23. Echa

    January 14, 2008 at 11:52 am

    Hai adek kelas, salam buat bu guru kembar yg ngajar fisika en kimia ya (bu Susi & bu Eri, nilai2q di rapor delapan gara2 blio2). Masih ngajar gak mereka?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.