Dandan Untuk Siapa?

Beberapa hari lalu, ketika saya sedang membuka-buka katalog produk perawatan tubuh dan kosmetika, seorang rekan (laki-laki) berkomentar. "Perempuan itu HARUS dandan ya, bu?". He? Saya jawab pertanyaan itu dengan pertanyaan kembali, "Tergantung. Menurut bapak, perempuan berdandan memangnya untuk apa?"

Sebelum saya katakan jawabannya -dan mungkin sebagian besar dari anda sudah tahu jawabannya- sudilah para pembaca Banana Talk berbagi pendapatnya di sini. Pertanyaannya mudah kok, hanya dua. Menurut anda:

  1. Mengapa perempuan berdandan?
  2. Untuk siapa perempuan berdandan?

Anda laki-laki? Anda boleh menjawab. Anda perempuan? Anda berhak menjawab πŸ™‚ Yuk mariiiii…

31 Comments

  1. fitri-sena

    March 23, 2008 at 8:14 pm

    1. Boosting my mood. Bener lhoh, kadang kalo lagi bad mood, terus memutuskan keluar rumah dengan “bergaya”, rasanya bedaaa… Lebih segar & bahagia.

    2. Buat diri sendiri, seneng aja ngeliat & ngerasa bersih dan cuantek *lagi-lagi, menurut ukuran diri sendiri, hehehe*. Tapi sekarang sih buat suami juga sih, hihihi.

  2. kenji

    March 24, 2008 at 12:56 am

    1. Untuk memperindah dan memperbagus penampilan.

    2. untuk kepentingan pribadi dan umum.

    sebenarnya dandan itu bukan hanya untuk wanita, laki2 juga tapi tentu saja dalam konteks dan batasan tertentu yang berbeda. πŸ˜€

  3. fertob

    March 24, 2008 at 1:26 am

    Terus terang saya tidak tau, mbak. Kalau dikatakan HARUS, apakah keharusan itu sebuah kewajiban ataukah hanya sebuah penyesuaian diri atas peran perempuan di ruang publik yang harus tampil “dengan meyakinkan” ? πŸ™‚

    Masih banyak misteri perempuan yang saya tidak tahu… πŸ™‚

  4. rita

    March 24, 2008 at 9:17 am

    Secara fitrah, wanita diciptakan sebagai makhluk yang “indah” dan penuh kehalusan. Sehingga untuk memenuhi fitrahnya tersebut, wanita ingin tampil cantik dan menarik.

    Kalau saya, untuk siapa berdandan?
    1. untuk Allah
    tiap mau shalat usahakan memakai pakaian yang bagus, memakai wewangian (jika shalat di rumah).
    2. untuk suami
    ini mah kewajiban setiap istri.
    3. untuk diri sendiri
    kadang kita perlu melindungi wajah dari debu-debu di perjalanan, tanpa berlebihan, setidaknya agar debu di jalan tidak langsung mengenai muka.
    4. untuk orang lain (sesama muslimah)
    “Sesungguhnya Allah itu indah dan senang kepada keindahan. Apabila seseorang keluar untuk menemui kawan-kawannya hendaklah merapikan diri” (HR. Bukhari-Muslim)
    5. untuk orang lain lain jenis? No Way!
    “Barang siapa seorang wanita memakai wewangian, kemudian berjalan di depan para lelaki, agar mereka tertarik kepadanya, maka wanita tersebut sama dengan pezina” (HR. Abu Daud)

  5. Hedi

    March 24, 2008 at 10:14 am

    1. perempuan memang harus dandan (catatan: asal ga menor aja)
    2. nah untu sapa ini yg beda2, tergantung keperluan πŸ˜€

    Tapi intinya, namanya juga perempuan, ya haru medoki tho…

  6. acha

    March 24, 2008 at 1:33 pm

    menurutku sih “Less is more”

  7. Tukang Ketik @ DagDigDug » Blog Archive » Dandan

    March 24, 2008 at 2:39 pm

    […] Lita membuat tulisan yang menarik:- – -Dandan Untuk Siapa? Beberapa hari lalu, ketika saya sedang membuka-buka katalog produk perawatan tubuh dan kosmetika, seorang rekan (laki-laki) berkomentar. "Perempuan itu HARUS dandan ya, bu?". He? Saya jawab pertanyaan itu dengan pertanyaan kembali, "Tergantung. Menurut bapak, perempuan berdandan memangnya untuk apa?" Sebelum saya katakan jawabannya -dan mungkin sebagian besar dari anda sudah tahu jawabannya- sudilah para pembaca Banana Talk berbagi pendapatnya di sini. Pertanyaannya mudah kok, hanya dua. Menurut anda: 1. Mengapa perempuan berdandan? 2. Untuk siapa perempuan berdandan? Anda laki-laki? Anda boleh menjawab. Anda perempuan? Anda berhak menjawab Yuk mariiiiiÒ€¦ – – – […]

  8. infogue

    March 25, 2008 at 5:29 pm

    “bagi perempuan yang belum menikah, pastinya berdandan untuk dirinya sendiri. dan bagi perempuan yang udah menikah, berdandan pasti hanya untuk suaminya.”
    artikel yang bagus, anda bisa promosikan di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Dan telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam

    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/mode/dandan_untuk_siapa_/

  9. maysaro

    March 25, 2008 at 6:24 pm

    1.. Perempuan berdandan karena gak pede kalo bau dan terlihat gak cantik
    2.. Perempuan berdandan untuk dirinya sendiri, karena mereka akan pe de dengan berdandan.

  10. oon

    March 25, 2008 at 6:43 pm

    #1. karena eh karena….gak pede kali, atau kemakan iklan dan berujung jadi korban jaman?

    #2. hhmm…untuk siapa ya?…untuk dipandang manusia yang lain?

  11. Fa

    March 26, 2008 at 7:12 am

    1. Biar merasa fresh dan nyaman, klo kucel kayak jadi gimanaaa gitu.., biar ndak malu2in suami (klo pas jalan dlm keadaan berantakan trus ketemu temen suami, rasanya nggak enak aja, kasian, ntar suami dikira nggak bisa ‘ngopeni’ istrinya, hehe).

    2. Buat suami (atau buat egonya suami ya?), dan buat kenyamanan diri sendiri.

    πŸ™‚

  12. acip

    March 26, 2008 at 3:54 pm

    1. karena harus
    2. untuk dirinya sendiri

  13. ambar

    March 28, 2008 at 6:27 am

    1. Perempuan berdandan agar menarik, (katanya) meningkatkan kepercayaan diri dan (mungkin) tuntutan sosial (pekerjaan, gaul dll)

    2. Saya jarang banget dandan. Kalaupun dandan karena menghormati pengundang, acara resmi misalnya. Di rumah ngga pernah. Suami bahkan meminta saya ngga dandan, alasannya saya kliatan ngga alami.

  14. Lita

    March 28, 2008 at 11:43 am

    Terimakasih untuk tanggapannya, sodara-sodara. Banyak kepala banyak ide & ragam pendapat, ya πŸ™‚
    Tunggu opini lengkapnya, ya, hehehe…

  15. kiky

    March 28, 2008 at 8:51 pm

    1. untuk datang ke pesta biat ngga pucat
    2, biar muka rada putihan(pake bedak kan)…item banget soalnya…hehehhe

  16. Akhmad Guntar

    April 1, 2008 at 12:27 am

    1. Mengapa wanita berdandan?

    Untuk membuat dirinya merasa lebih baik. Biasanya istri yg salihah ingin mendapatkan kebaikan dg membuat suaminya merasa senang ketika melihatnya. Perasaan self-worth nya dibangun dari feedback yg diberikan sang suami atas penampilan dirinya. Ketika lagi di luar rumah, perempuan tyt juga berdandan utk dirinya tidak terlihat buruk. Tujuannya bukan agar terlihat cantik dan memikat perhatian pihak tertentu, melainkan sekedar agar tidak terlihat buruk. Sama spt ktk pake wewangian, bukan utk memikat pihak tertentu dg semerbak wanginya, melainkan utk menjaga agar tidak ada bau tak sedap yg datang darinya :mrgreen:

    2. Untuk siapa perempuan berdandan?

    Klo dari apa yg saya sampaikan di atas, ya mestinya utk kebaikan dirinya sendiri. Jikapun dibilang utk Tuhan atau suaminya, maka kembalinya toh ya buat dirinya sendiri. Apakah itu egois? ndak juga. Toh sang suami akan senang klo istrinya merasa senang πŸ˜›

  17. ketty

    April 1, 2008 at 12:38 pm

    1. Supaya tidak terlihat buruk dan terlihat rapi (klo kerja atau jalan2). Untuk membanggakan/meninggikan suami (kalo ke pesta sama suami.
    2. Untuk siapa ? Ya untuk diri sendiri dan suami.

    Beda antara dandan dan merawat diri: dandan tidak wajib, kalo merawat diri mah wajib, demi kesehatan.

    Dandan ringan versi aku = pakai bedak tabur dan lipstik, kalo ke kantor atau jalan2.
    Dandan berat = pakai foundation, bedak, eyeshadow, lipstik, mascara dan pensil alis (kalo ke pesta atau acara khusus bersama suami)

    Merawat diri (khususnya di rumah) = wajib dilakukan (mandi yang bersih, bersihin muka, pakai pelembab untuk wajah, bibir dan tubuh, pakai deodoran. Oya, pakai masker dan luluran sekali2, plus minum vitamin)

  18. koko

    April 1, 2008 at 8:57 pm

    1 karena sindrom burung merak kali yah..hehehehe…cewe mungkin merasa lebih pede kalau dia cantik dan lebih banyak diperhatiin orang..hmm, narsis..

    2 Cewe berdandan untuk dirinya sendiri..untuk mendapatkan pengakuan bahwa dia cantik :p

  19. tania

    April 2, 2008 at 11:36 am

    menurutku ga penting banget sih,dandan klo ga da acara..cuman yaaa..pere emang suka cantik2 sih..terlepas ini untuk siapa ya…soalnya aku dandan karena..aku suka !rasanya seneng aja…
    dan ga setiap hari juga aku dandan..tergantung mood…
    pokoknya dandan ga pernah jadi beban karna itu buat kesenanganku sendiri..klopun ada yang jadi seneng klo aku dandan,..anggap aja bonus.. πŸ™‚

  20. DODY

    April 3, 2008 at 11:57 pm

    1. Mengapa perempuan berdandan ? ===> karena bukan mbeeeeeeekkk!!!
    2. Untuk siapa dandan ? ======> Lho kok malah nanya?

    1. Lita

      April 4, 2008 at 5:47 am

      Mas, kan ‘Menurut anda:’. Saya nanya opini,kok.
      Sampeyan gak jawab juga saya gak marah πŸ™‚

  21. nYam

    April 4, 2008 at 4:16 pm

    wah telat bener neh aku.

    1. mengapa perempuan dandan?
    – udah pada dasarnya pengen cakep, even bangun tidur pun kalo bisa ga ileran hihihi.
    – meski ga bisa melukis kaya picasso, tapi kita kan bisa melukis wajah sendiri
    – eksperimen ilmiah: warna A campur B gimana ya jadinya? kosmetik X dan Y yang katanya fungsinya sama kok hasilnya beda?

    2. untuk apa perempuan dandan?
    biar tambah pede plus demi estetika. kebayang dong kita ke kantor naik kendaraan umum dengan tampang berminyak bin dekil….euuu bisa ndak berani mengangkat wajah saat beli karcis. dan meski ada dalil perempuan dandan untuk suami, tetep wae pada dasarnya itu karena perempuannya pengen. meski si suami ga minta dan/atau ga pengen istrinya dandan, tetep wae bakal dandan. lagian gimana dunx nasib para lajang di luar sana? eh ini mah untuk siapa yak

    tapi mbak, dandan kan ga melulu oles-oles eyeshadow ato lipstik kan? kita maskeran ato pake body lotion masuk kategori dandan juga ga seh?

    *komen ngelantur menjelang wiken*

  22. miss_ngoceh

    April 15, 2008 at 10:33 pm

    Menurut gw ada 3 tipe perempuan dinilai dari dandan:

    1. Dandan buat pacar/suami/kekasih. Jelas lah ya kenapa. Biar cowoknya selalu cinte ma dia (padahal cowok itu cinta gara2 inner beauty juga loh! apalagi kalo dah jadi suami). She looks better when she’s in relationship rather than single. Kalo lagi single lusuh abis!

    2. Dandan gara2 lingkungan. Kalo temen2 pada dandan, suka belanja belanji, demen ngafe dan kongkow2.. malu dong jelek sendiri? maksudnya biar diterima aja sama ppl around u. Biar PeDe! Dan ofcoz biar gampang nge-gaet kumbang2 disekitar =D

    3. “Dandan buat siapa? maksud lo?” Nah ni cewek si jarang-nyaris-gak-perna dandan. =P

  23. CHIKA

    April 21, 2008 at 5:43 pm

    #1. biar lebih pede,lebih fresh,,lebih disayang yayang.
    #2. ya buat yayang lah,,kan biar makin di sayang. ^________^

  24. iRHoTeP

    April 27, 2008 at 8:15 pm

    Kalo kita merunut lagi hakekat mating pada mahluk hidup, biasanya yang paling dandan itu adalah pihak pejantan yang mati-matian berusaha menarik perhatian si betina. Banyak contohnya, tapi yang sering gw amati dari kelas aves dan insekta.

    Jadi wanita berdandan itu untuk apa, kalo untuk tujuan menarik pria sih nggak juga, itu malah menyalahi hakekat. Demi looks good saja sih oke lah.

    +iR+
    http://www.jadul.org/forum/

  25. yanti

    April 29, 2008 at 10:35 am

    kata orang:

    “women dress for women, women undress for men”

    *kabur sambil siul2*

  26. Satrio

    June 19, 2008 at 9:29 am

    wanita berdandan agar memenuhi hasrat aktualisasi dirinya.

    wanita berdandan untuk kepentingan pribadi dan publik.

  27. edratna

    July 17, 2008 at 12:33 pm

    1. Untuk diri sendiri
    2. Sebagai pekerja, untuk mewakili nama baik perusahaan. Misalkan saya harus mengajar di kelas Pemimpin Cabang Bank, yang muridnya berpakaian jas dan berdasi, ceweknya pake blazer, lha mosok penampilan instrukturnya kumel. Tapi berdandan disini juga sangat tergantung kita mau kemana, ke pesta kawin (bersama suami), mengajar di kelas (siapa pesertanya), atau sekedar jalan-jalan di Mal sambil momong anak?
    3. Membuat hati nyaman….jelas dong, bersih, wangi, segar kan membiat kita lebih pede
    4. Menghormati suami. Lha kalau pergi dengan suami, isteri nggak terurus kan kasihan suami…suami akan bangga dan bersedia mengajak isteri kalau isteri terawat, dan tampil segar.

    Ehh dandan disini bukan berarti tampil medok kan?

  28. devie

    August 25, 2008 at 1:40 pm

    sebenarnya wanita itu gak usah dandan’pun pasti dah cantik kok. khan kodratnya dia dilahirin dengan cantik…
    kalopun wanita itu dandan, pasti karena dia pengen tampil lebih baik. untuk siapa?tentunya untuk orang-orang yang dia sayangi. dia khan gak mau orang yang dekat sama dia jadi malu gara-gara dia kurang menarik hati….
    πŸ˜›

  29. elgafitri

    August 26, 2008 at 7:48 am

    salam kenal mbak! πŸ™‚

    mau ikutan jawab ah..
    1. Karena perempuan suka keindahan, apalagi kalau yg dibikin indah diri sendiri,hehe.
    2. Untuk diri sendiri. Rasanya seneng aja kalau rapih dan cantik πŸ™‚ Langsung semangat lah,, meskipun versi indahnya versi sendiri :p

  30. sulaeman

    July 25, 2011 at 1:51 pm

    1. menunjukkan identias
    2. menutupi aurat
    3. kecantikan
    4. kehormatan
    5. kelayakan
    6. pesona

Leave a Reply to sulaeman Cancel

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.