Poster Pecha Kucha Vol. 13

Sangat senang waktu 2 minggu lalu aku dihubungi Nia (sebagai Community Curator dari Maverick) untuk diundang mengisi acara Pecha Kucha Jakarta Vol. 13 yang bertajuk Creative Education ~ disingkat CreaTion. Ditanya berminat atau tidak, tentu saja aku berminat! 😀 Kesempatan untuk berbagi dan belajar dari yang lain, mengapa tidak?

Persoalan pertama tentunya, “Gue siapa?” Hehe… Kalau diundang sebagai guru sekolah, tentu saat ini undangan tersebut tidak valid karena aku mengundurkan diri dari sekolah terdahulu 2 bulan lalu. Kemudian disepakati bahwa aku mewakili diri sendiri sebagai pengajar. Baiklah!

Persoalan kedua, “Gue mau ngomong apa?” Mengetahui profil calon-calon pembicara yang lain, kurang tepat rasanya kalau aku mengangkat bagaimana menjadi guru kreatif, karena yang lain jelas lebih kompeten. Jadi aku ambil sudut pandang yang lain saja: Belajar (dengan) Bertanya. (bahan presentasi bisa dilihat di sini)

Jawab pertanyaan dg pertanyaan, gaya Miss banget. [@_tofan]

Persoalan ketiga, bentuk setoran ternyata gambar, bukan presentasi. Harus 20 slide (sebetulnya bisa sih ya berulang, isinya sama). Konversi dari Keynote ke lainnya sih mudah. Lha tapi berapa persen, ini? Setelah 3 kali mencoba, akhirnya dapat hasil seperti yang diminta. Harus dicoba dulu karena konversinya dalam bentuk persen, bukan ukuran akhir.

Persoalan keempat, ya ampun ternyata lama ya mengunggah dokumen berisi 20 gambar. Entah karena koneksi internet lambat atau apa, proses kirim email saja butuh sejam. Di sini masih kelihatan mengunggah, ternyata pihak Maverick sudah menerima. *menatap nanar aplikasi Mail*

Persoalan kelima, “Pake baju apa, yaaa?” Ya ini sih bagian centil aja. Tapi penting. Karena di presentasinya aku menyebut penampilan itu penting, masa saat membawakan presentasi tersebut aku tampil ndak matching? Solusi: batik tulis megamendung & kerudung ungu, bawahan hitam supaya tidak monoton.

Persoalan terakhir, “Presentasi diabadikan, ndak? Ngga ada kamera, euy!” Ada pun apa ngaruhnya. Ngga bisa motret diri sendiri di panggung. Percaya aja, tim Pecha Kucha pasti motret & ngerekam, laaah!

Demikian. Jadi sebelum website Pecha Kucha menayangkan foto dan video CreaTion Rabu lalu, beginilah yang didapat. Nanti dimutakhirkan.

Lita @ PechaKucha13
Slide berisi foto kelas Aksel 2013 SMA 8 Jakarta

 

Pembicara Pecha Kucha 13 (hanya 9 dari 11)
Pembicara Pecha Kucha 13 (hanya 9 dari 11)

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=y5EC1c-tl0c]

Video ini dibuat oleh @zakiakhmad. Terima kasih! 🙂

::Diliput juga oleh Tempo.Co beserta video cuplikannya di sini.

Video presentasi dari tim Pecha Kucha Jakarta bisa dilihat pula di sini. Kelihatan sekali kalau aku ‘kedodoran’ di awal-awal karena slide sudah sampai mana, aku ngomongnya apa. Amatir :))

Tampil di Pecha Kucha Vol. 13 CreaTion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.