Kemarin malam tanya via Twitter, air Kangen itu apa? Ternyata malah diminta menulis tentang ini. Karena sudah larut, hanya sempat search kecil-kecilan, itupun hasilnya bikin ingin guling-guling. Ini ngaco ke mana-mana, tapi promonya ramai! Ini beberapa hal yang sempat kulihat. Anggap saja teaser, ya.

Mengenal Kangen water: air alkali. Serius yang menulis ini dokter seperti yang ada di kaki artikel? Pak dokter serius menulis mengatakan OH adalah molekul dan bahwa H2O dapat diurai menjadi 2 molekul OH? Satu atom oksigen lagi utang dari mana?

Tubuh yang alkaline adalah tubuh yang sehat. Ya nggak, lah! Alkalosis itu kondisi tidak normal juga. Bukan karena asidosis itu tidak sehat maka alkalosis itu sehat. Ini namanya mengambil ekstrim, yang dua-duanya tidak baik. Makanya di tubuh kita ada sistem penyangga, untuk menjaga supaya tidak asam dan tidak basa.

Micro clustering. Selama molekul air masih punya ikatan hidrogen (gaya antarmolekul H2O yang sifatnya sangat polar), cluster-nya ya akan sama. Ada yang macro? Ada, kalau jumlah molekulnya banyak. Ini molekul, bukan perumahan… Molekul air ngga ngumpul jadi satu secara permanen dan stabil seperti yang dikesankan di ilustrasinya.

ORP. Di link yang sama dengan di paragraf sebelumnya, diperlihatkan nilai ORP ratusan mV. ORP sama dengan potensial reduksi, satuannya Volt. Di garis bilangan ditunjukkan bahwa ORP air Kangen adalah -400 mV. Di tabel potensial reduksi, kalau benar yang dimaksud oleh air Kangen adalah air ini direduksi sehingga hasilnya berupa larutan basa, maka nilai ORP seharusnya +0.4 V. Cuma beda +/- doang? Ngga, itu beda arah reaksi. Ketimbang menghasilkan larutan basa, maka ORP -400 mV artinya air teroksidasi. Sesuai dengan klaim anti oksidan, tapi tidak sesuai dengan air alkaline, karena air yang teroksidasi hasilnya larutan asam.

Sekian dulu. Dilanjutkan lagi nanti kalau sudah bisa duduk tenang, ya.

Kelitik Air Kangen

One thought on “Kelitik Air Kangen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *