Minggu kemarin ada acara dekat rumah, yang membuat kendaraan (mobil & motor) diparkir di sekitar rumah. Karena acara berlangsung saat aku sedang antar ibu, pulangnya ya bengong aja lihat pengaturan kendaraan yang menutup akses ke garasi. Walhasil aku jadi harus memarkir mobil di depan rumah tetangga.

Jalanan kampung yang hanya cukup dilewati oleh 1,5 mobil membuat salah satu mobil harus super mepet ke pagar rumah orang jika mobil lain ingin lewat, itupun kalau selokannya cukup. Diapit motor depan-belakang dan mobil lain harus bisa lewat, parkir model begini membuahkan beberapa gores. Hadeuh.

Menuruti permintaan Indomobil, maka aku lapor dulu ke IMFI untuk memulai proses klaim, yang ditanggapi dengan rincian dokumen yang harus disiapkan dan diminta segera hubungi ACA, asuransi yang mendukung Nissan Insurance. Klaim asuransi ke ACA bisa lewat website atau langsung via telepon. Jika lewat website ternyata ditanggapi keesokan harinya, sedangkan jika lewat telepon akan langsung diberikan nomor laporan. Instruksi lanjutannya adalah datang ke Infiniti TB Simatupang untuk difoto keadaan kendaraannya, baru kemudian ke bengkel Nissan tunjukan ACA yang juga ada di TB Simatupang.

Pilihan bengkel Nissan rujukan ACA ini hanya ada 5, dengan lokasi yang semuanya jauh dari rumah: Cibubur, TB Simatupang, Warung Buncit, Pos Pengumben, dan Tangerang. Pilihan jatuh pada TB Simatupang, yang ternyata dekat dengan Infiniti (tadinya kukira proses langsung di bengkel saja). Karena yang akan diklaim adalah risiko sendiri, yang diperlukan adalah nomor lapor dan fotokopi: polis asuransi, SIM, KTP, dan STNK. Jika melibatkan pihak ketiga akan membutuhkan surat keterangan kejadian dari kepolisian.

Baru bisa sampai sini ceritanya. Lainnya adalah pelajaran, bahwa jenis asuransi yang diklaim di website ACA dipilih dulu di menu di atas (bukan dari dropdown box yang ada di tengah form), bahwa yang merespon dari ACA web claim lebih ramah daripada yang di telepon, bahwa yang di Infiniti langsung bilang salah sambung karena aku salah bilang, “Mau klaim asuransi” (ya jadinya kujelaskan bahwa aku sudah telepon Nissan dan diminta ke Infiniti dulu), bahwa penting untuk mengingat tenggang waktu klaim (ada jangka waktu maksimal berapa hari pelaporan harus dilakukan setelah kejadian) dan bahwa harus simpan semua dokumen dengan sangat rapi supaya cepat diakses jika dibutuhkan.

Oh ya, klaim akan lebih simpel jika dilakukan langsung oleh yang namanya tertulis di polis, karena semua dokumen akan merujuk ke nama tersebut. Kita lihat dalam 2 hari ke depan, seberapa cepat proses ini akan selesai. Semoga nama besar ACA dan Nissan menyamankan dan memudahkan penggunanya.

error
Klaim Asuransi

2 thoughts on “Klaim Asuransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.