‘Insomnia’

It’s been more than a month, I can’t sleep properly. Always. When I’m ready to bed, what happens next is I stay awake for at least 1,5 hours later. And lately it got worse. Like this night. My eyes won’t shut and my brain worked perfectly well. (Sampe aku curiga jangan2 badanku udah mengira kalau kasurku itu ‘sekolah’ dan waktu terbaik untuk berpikir adalah malam hari)

Aku masih setengah sadar waktu orang-orang ngga bertanggung jawab itu teriak-teriak dari speaker masjid, "WOOOOYYYY!!! SAUUURRR!!! BANGUUUUNNN!! BANGUUUNNN!!!". Pengen banget nimpuk mereka emoticon . Lho, dibangunin sahur kok marah? "Tata laksananya itu lho, mbok ya sopan sedikit! Kalo ada simbah-simbah yang kaget trus jatoh dari tempat tidur gimane?!". Aku sendiri ngga shaum, jadi ngga selalu ikutan bangun pas jam sahur. Dongkol. Asli. Kutungguin sampe mereka bosen teriak-teriak. Pas udah berenti, eh dari arah ruang makan kedengeran suara nyanyi-nyanyi dari radio *sigh* "Kapan gue tidurnya neeeeeehhhh…" Sampe akhirnya aku ketiduran sendiri karena bosen. Baru bentar, jam 4 gitu ibunda menerobos masuk kamar buat ngambil stoples isi cemilan. Karena kaget denger pintu dibuka, aku langsung bangun lagi. *duhhh… Rabbi…* Dan selanjutnya sampe adzan Subuh…. emoticon

Insomnia? Ah, rasanya bukan. Kalo siang -atau menjelang sore- (apa bedanya?) aku suka ketiduran ngga jelas. Tanpa keinginan tidur, tau-tau aku sadar 1-3,5 jam kemudian (hihihi… rentangnya jauh yak?). Peralihan jadi mahluk nokturnal? Hehehe… mungkin juga. Pastinya, kalau udah rebahan dan keadaan sepi, otak ini aktif mikir segala macem. Dari yang penting sampe yang ngga perlu. Is it just the me -pregnant mom? Or is it me -the ‘real’ me? Kalo diinget-inget, dulu pas hamil pertama juga suka susah tidur pas udah 9 bulan gini. Gelisah, lebih sensitif, dan long distance relationship. Tapi dulu ngga separah ini, paling telat jam 12 malem udah asik mimpi. "’Nape yee?"

Kakanda pulang ke Jakarta hari Ahad kemaren. Nyampe rumah jam 8.30 dan menemukanku dalam keadaan kusut ruwet ga jelas. Aku ngga ngomong apa-apa dan ngga bisa nawarin apa-apa (lah, lagi shaum mau ditawarin apa dong?), jadi diem aja. "You look miserable. Kenapa sih? Kok kaya ngga tidur semaleman", katanya heran. "Iya emang", kataku yang diteruskan dengan cerita kalo selama 2 minggu sebelumnya aku susah tidur. Dia lalu cuma mengusap-usap kepalaku sambil bilang, "Ita kebanyakan mikir… Kalo lagi diem mikir macem-macem. You should learn to be ignorant. ‘Pokoknya masa bodo, sekarang gue mo tidur’. Ya? Kasian kan bayinya.. Dia kan bisa ngerasain kalo Ita ngga nyaman dan gelisah gitu…". Setelah dia mandi dan ganti baju, "Sekarang tidur aja yuk! Yahya belom tidur dari kemaren, Ita juga tadi malem ngga tidur kan?" Aku nurut aja.

Dan selanjutnya yang terjadi sodara-sodara… aku tetep ngga bisa tidur! Jadinya malah kakanda kugangguin terus, kuajak ngobrol sampe kukilik-kilik biar dia ngga tidur duluan daripada aku. "ADOOOHHH… Apa salahku seeehhh?", katanya sambil ngantuk. "Salahmu, jadi suamiku!". Kakanda: *sigh* emoticon Sampe akhirnya aku ketiduran juga dan baru bangun jam 12 siang (means aku cuma tidur 2 jam lebih). Hhhhh….

Do I really need help? I think I’m depressed, but I hope it’s just because I’m me, the pregnant mom. "Kangmas.. cepet pulang yaaaa…" (hiks, di sini cuma 4 hari) emoticon

 

1 Comment

  1. hericz

    October 16, 2005 at 5:38 pm

    Hmm. kalo udah punya suami, gak bisa tidur tetep bingung tho?

    Kan banyak kegiatan yg bisa dilakukan tho mbak? pijetan misalnya:D

    lita: lha, kalo suamiku lagi ngga ada emang yg mo mijet aku sapa?… *jadi inget kemaren mijetin ibu*

Leave a Reply to hericz Cancel

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.