“Is it cold or flu?”

Tadi malam ‘main’ ke MayoClinic. Lalu ingat tentang kebiasaan, istilah, dan mitos yang sudah salah kaprah di rakyat negeri ini. Bukan tentang topik sulit kok, hanya tentang selesma dan flu, or they say "Is it cold or flu?" Beribu sayang, kosakata bahasa kita tidak mumpuni untuk menampung kekayaan bahasa dunia. Jadi kalau kita ditanya begitu, reaksi yang umum adalah bingung, "Emang apa bedanya?".

Daripada saya berpanjang lebar di sini, lebih baik coba sendiri saja kuisnya. Bukan kuis baru, sudah edisi September tahun lalu. Tapi sepertinya tetap sangat membantu. Daripada hanya diberitahu, sepertinya lebih awet di ingatan kalau mencoba sendiri emoticon. Linknya di sini. Tidak hanya salah kaprah tentang selesma dan flu, ada juga tentang diare, rasa sakit (pain), dll.

Ah ya, tambahan sedikit. Di Indonesia vaksin influenza tidak diwajibkan oleh satgas imunisasi karena berbagai hal, di antaranya adalah galur virus yang berbeda antara negara asal pembuat vaksin dan negara ini. Jadi, daripada bela-belain repot mencari vaksin ini, lebih baik menjaga kesehatan saja. Insya ALlah kalau daya tahan tubuh kuat virusnya tidak membuat kita sakit (note: it’s different between infected and diseased; terinfeksi dan sakit itu dua hal yang berbeda!). Tak lupa pesan sponsor: tak perlu pakai suplemen, vitamin C dosis tinggi, apalagi antibiotik!

1 Comment

  1. BananaTalk - Lita Mariana’s Weblog » Kenali Flu dan Selesma

    February 25, 2006 at 10:41 pm

    […] Aku sudah pernah posting tentang flu, singkat sekali memang, dan hanya memberi ‘arah’ ke mana harus mencari. Tapi, sepertinya memang lebih enak diberi tahu daripada baca sendiri ya? Baiklah, aku bagi di sini, dari sumber yang lain. […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.